Memilih Universitas saat Pendidikan di Luar Negeri

Memilih universitas dan jurusan pendidikan baik di dalam maupun di luar negeri sebenarnya memiliki pertimbangan yang tidak jauh berbeda. Anda dituntut selektif terutama saat memilih tempat untuk kuliah ke luar negeri karena banyaknya pilihan, promosi dan tawaran yang menggiurkan. Selain itu, pilihan tersebut akan mempengaruhi masa depan, karier, dan tentunya kehidupan Anda.

Memilih Universitas Setiap negara tentu memiliki lebih dari 1 universitas/perguruan tinggi. Universitas/perguruan tinggi tersebut memiliki reputasi yang berbeda-beda pada bidang tertentu. Misalnya, universitas di negeri kincir angin Belanda, memiliki reputasi bidang hukum yang diakui dunia. Di negara ini terdapat 2 jenis perguruan tinggi, yakni Universitas dan University of Applied Sciences. Untuk kategori Universitas, terdapat 14 perguruan tinggi yang secara khusus mengarahkan mahasiswanya untuk menjadi ilmuan dan pakar dalam ilmu tertentu. Sedangkan dalam kategori Universities of Applied Sciences lebih terfokus pada praktek yang dilakukan melalui program magang pada seluruh program studi profesional.

Selain 2 kategori tersebut, masih ada 11 lembaga institut pendidikan internasional yang menawarkan program studi lanjutan dengan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengatar. Berbeda dengan 2 kategori sebelumnya, institute lebih memfokuskan pada studi yang terkait dengan pembangunan, kerja kelompok, pertukaran pengetahuan, dan interaksi antar mahasiswa dari berbagai latar belakang budaya. Program ini difasilitasi oleh pengajar yang berpengalaman kerja di negara-negara berkembang.

Jika dilihat dari pengelompokan perguruan tinggi di negara Belanda, Anda harus lebih memahami tujuan belajar di luar negeri, karena pemilihan universitas yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Oleh karena itu, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai reputasi perguruan tinggi di negara yang Anda tuju.

Berikut ini beberapa sumber yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi mengenai universitas untuk kuliah ke luar negeri :

  1. Informasi Promosional Beberapa universitas sering mengikuti pameran pendidikan di sejumlah negara. Anda dapat memperoleh informasi universitas dari berbagai negara melalui kegiatan ini, baik melalui brosur yang tersedia maupun informasi secara langsung dari utusan universitas tersebut.
  2. Situs Web Universitas Setiap universitas besar pasti memiliki situs web. Melalui web, Anda dapat mengetahui fasilitas dan sarana yang tersedia di universitas tersebut. Situs-situs tersebut juga biasa memuat informasi program yang ditawarkan, akomodasi hingga gambaran umum mengenai negara lokasi universitas tersebut.
  3. Hasil Survey dan Review Sumber informasi lain yang bisa Anda peroleh adalah dari hasil survey dan review. Hasil tersebut biasanya berisi peringkat univesitas pada tiap negara maupun peringkat universitas secara internasional. Dari hasil survey ini Anda juga akan mendapat informasi program unggulan dari masing-masing universitas.
  4. Forum Akademis Kalangan akademis biasanya berkumpul dalam forum-forum akademis, sehingga Anda dapat mencari infomasi mengenai berbagai universitas langsung dari orang-orang yang berkecimpung di dalamnya.
  5. Kontak Personal Untuk memperoleh informasi langsung dari narasumber yang pernah menempuh pendidikan di universitas tertentu, Anda dapat menghubungi kontak person alumni mahasiswa yang bersangkutan.
  6. Konsultan Pendidikan Luar Negeri Konsultan pendidikan juga menyediakan informasi yang cukup lengkap mengenai universitas-universitas yang berada dalam jangkauan layanan mereka. Selain tiu, mereka juga dapat memberikan rekomendasi program favorit pada universitas-universitas tersebut.


Selanjutnya untuk menentukan pilihan pada salah satu universitas, pertimbangkan faktor berikut ini :

  1. Reputasi Reputasi sebuah universitas adalah satu hal penting yang patut di pertimbangkan. Sebab hal ini terkait dengan masa depan para alumninya, terutama ketika memasuki dunia kerja. Reputasi yang baik pada sebuah universitas tentunya dapat mendukung alumninya untuk memperoleh masa depan yang baik, yang tentu saja hal ini harus didukung oleh kemampuan alumni itu sendiri.
  2. Program yang Ditawarkan Dunia pendidikan terus berkembangan dan persaingan antara institut pendidikan juga berlangsung semakin ketat. Karena itu sebuah institut pendidikan dituntut untuk melakukan penyusunan dan pengembangan program-program sesuai dengan kebutuhan pasar. Karena itu pula carilah institut pendidikan yang mampu membaca kebutuhan pasar dengan ketersediaan program-program yang selaras.
  3. Fasilitas dan Sumber Daya Program-program yang tersedia di sebuah universitas tentunya harus didukung pula oleh fasilitas, sarana dan sumber daya yang mendukung, sehingga program tersebut dapat berjalan dengan baik. Untuk itu cermatilah fasilitas dan sumber daya sebuah universitas dan pastikan tersedianya fasilitas dan sumber daya yang mendukung proses belajar.
  4. Lingkungan Lingkungan yang nyaman tentunya akan mendukung kelancaran proses belajar. Karena itu, perhatikan lingkungan di sekitar universitas, seperti tersedianya fasilitas umum yang dekat dan lingakungan pemukiman yanga ramah.
  5. Perpustakaan Perpustakaan ibarat jantung sebuah universitas. Di perpustakaan para mahasiswa dapat malakukan studi referensi dan melengkapi penelitian yang mereka lakukan. Untuk itu cermati keberadaan perpustakaan dalam sebuah universitas. Alangkah baiknya bila tersedia perpustakaan secara fisik maupun secara online, serta koleksi buku-buku yang lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa dengan lebih mudah.
  6. Publikasi Ilmiah Dosen Poin ini masih terkait dengan reputasi sebuah universitas. Reputasi dan kualitas sebuah universitas dapat dilihat dari publikasi ilmiah para dosen di universitas bersebut. Publikasi ini menandakan bahwa universitas tersebut terus berkembang dan diasuh oleh orang-orang yang tidak henti-hentinya menggali ilmu pengetahuan.
  7. Ukuran Kelas Sebuah kelas yang efektif untuk pembelajaran adalah kelas yang terdiri dari sedikit mahasiswa. Dengan jumlah yang terbatas ini, maka mahasiswa dan dosen dapat berinteraksi dengan lebih leluasa, sehingga transfer ilmu dapat dilakukan dengan lebih maksimal.
  8. Department Persiapan Kerja Selain program-program yang ditujukan untuk melahirkan pakar dan ilmuan, cermati juga tersedianya department persiapan kerja pada program yang ditujukan untuk dunia kerja. Dengan adanya department semacam ini, maka mahasiswa lulusannya akan terbantu untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan program yang mereka pilih.


Berikutnya, untuk lebih mengenal universitas tempat Anda tempuh ilmu, kunjungi universitas tersebut melalui situs web mereka. Universitas terkemuka biasanya menyediakan fasilitas Virtual Tour pada situs webnya. Beberapa universitas juga melengkapi situs mereka dengan informasi pemondokan dan unit-unit kegiatan. Dengan cara ini maka Anda bisa gambaran lebih banyak mengenai kenyamanan kampus untuk belajar.

Contact Us

 

Apartemen Citylofts
16th Floor No.29
Jl. KH Mas Mansyur No.121
Jakarta 10220 – Indonesia
Ph: 62-21-2555 8791 ( hunting )
Fax: 62-21-2555 8494
Hotline: 
0851 0662 2122
0851 0241 2122
 
Apartemen Brooklyn Tower B
Soho Lt 7 unit O
Jl. Alam Sutera Tangerang 
Ph: 021-30052572
HP: 0812 3201 2145
 
Jl. Pasirkaliki 165, Bandung
HP: 081 2237 5522

 

Info Penting

3 Negara Favorit Pendidikan Luar Negeri

471
Pendidikan Luar Negeri Kami selaku konsultan dalam menangani siswa ke luar negeri masih…

Pertanyaan Umum memilih Pendidikan Luar Negeri

506
Pendidikan Luar Negeri com menguraikan beberapa hal yang sering ditanyakan oleh orang tua…

Pendidikan Luar Negeri - Peringkat 15 Universitas di Luar Negeri

468
Pendidikan Luar Negeri com juga memantau peringkat universitas di Luar Negeri terutama…

Wawancara dasar mengambil Pendidikan Luar Negeri

510
Apa yang menjadi perhatian Agen dalam memberikan konsultasi kepada calon siswa Pendidikan…