Tips Memilih Jurusan di Pendidikan Luar Negeri / Sekolah Luar Negeri

Memilih jurusan pendidikan luar negeri / kuliah di luar negeri bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, sebab keputusan yang diambil memiliki pengaruh jangka panjang untuk masa depan kelak. Pilihan yang salah akan terasa setelah perkuliahan dimulai. Ujung-ujungnya, mahasiswa-mahasiswi tidak mampu memyelesaikan perkuliahan dan berakhir di tengah jalan. Kalaupun pendidikan bisa diselesaikan, biasanya hasilnya tidak maksimal dan ilmu yang di peroleh pun tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal. Karena itulah pemilihan jurusan saat pendidikan luar negeri harus dipertimbangkan sebaik-baiknya dengan memperhatikan beberapa hal berikut :

  1. Proses belajar berkelanjutan
    Sebaikmya pilihlah bidang studi yang berkaitan dengan pendidikan yang telah Anda tempuh sebelumnya. Dengan cara ini maka Anda akan memiliki dasar ilmu yang cukup, dalam hal teori maupun keahlian, sehingga akan memudahkan Anda dalam mengikuti kegiatan belajar selanjutnya.
  2. Pertimbangkan cita-cita, minat dan bakat
    Setiap orang pasti memiliki minat dan bakat yang dibawa sedari kecil. Hal ini terlihat dari kegiatan yang paling sering dilakukan, disukai, dan tentunya menghasilkan sesuatu hal yang positif. Dari sini seseorang lantas bercita-cita ingin menekuni suatu bidang yang berkaitan dengan hal tersebut. Ketika Anda manjatuhkan pilihan jurusan di perguruan tinggi, maka pertimbangkanlah hal tersebut. Usahakan untuk tidak memilih jurusan yang bertentangan dengan minat, bakat dan cita-cita Anda. Jangalah memilih jurusan akuntansi bila Anda memiliki cita-cita menjadi seorang ahli komputer, dan janganlah coba-coba memilih jurusan kedokteran bila sebenarnya Anda ingin menjadi seorang arsitek. Bila Anda memilih jurusan sesuai dengan minat, bakat dan cita-cita, maka beban yang ditempuh menjadi lebih ringan karena disertai dengan rasa suka, antusias dan keinginan untuk mewujudkan cita-cita.
  3. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya
    Ketika seseorang sedang jatuh cinta, maka ia akan berusaha mencari tahu segala sesuatu mengenai pujaan hatinya. Lakukanlah hal yang sama ketika Anda menjatuhkan pilihan jurusan yang tepat di perguruan tinggi. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai beberapa jurusan yang sedang Anda pertimbangkan. Informasi ini bisa Anda peroleh dari guru, orang tua, saudara, lembaga bimbingan belajar, konsultan pendidikan, mahasiswa hingga para profesional. Tetapi usahakan jangan terpengaruh oleh pendapat mereka melainkan pergunakan informasi yang diperoleh tersebut sebagai bahan pertimbangan. Ingatlah keputusan akhir tetap berada di tangan Anda sendiri.
  4. Pertimbangkan lokasi dan biaya hidup
    Sekali pun telah didukung oleh dana beasiswa, namun faktor lokasi dan biaya hidup tetap perlu di pertimbangkan sebab tentunya dana beasiswa sangatlah terbatas sehingga tidak dapat digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan hidup. Selain itu, masing-masing negara memiliki gaya hidup yang berbeda-beda. Pertimbangkan gaya hidup sehari-hari yang harus Anda keluarkan, seperti tempat tinggal, makan, transportasi, dan lain-lain. Pertimbangan ini tentu tidak akan menghambat cita-cita Anda, sebab jika jeli mengamati, pasti Anda akan mendapatkan negara dan kota yang tepat untuk melanjutkan pendidikan.
  5. Prediksi peluang
    Pada umumnya beasiswa yang di tawarkan memiliki kuantitas yang terbatas. Sementara itu peminat yang mengajukan permohonan begitu banyak, sehingga Anda pasti akan menghadapi persaingan dan seleksi yang sangat ketat. Untuk menyiasati hal ini, maka amatilah kepastian pada setiap lembaga yang menawarkan beasiswa tersebut. Janganlah membebani diri Anda dengan target untuk memperoleh beasiswa dari negara tertentu dengan jurusan favorit, sebab jika gagal, maka Anda akan terpukul dan kecewa. Untuk itu buat banyak pilihan lembaga penyedia beasiswa dan jangan terpaku pada satu lembaga saja. Selain itu, ukur pula kemampuan Anda untuk menembus kriteria yang diinginkan oleh lembaga penyedia beasiswa. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai materi wawancara dan test tulis yang hendak dihadapi. Anda dapat mencari informasi-informasi semacam ini melalui internet, alumni atau konsultan pendidikan.
  6. Ikuti program Open Day
    Bila program yang Anda pilih melakukan Open Day, maka gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya untuk memperoleh informasi mengenai program yang Anda pilih dari para tutor disana.
  7. Pertimbangkan masa depan, karier dan pekerjaan
    Memegang ijazah luar negeri tidak selamanya menjanjikan kesuksesan dan kemudahan dalam berkarier. Banyak lulusan yang pada akhirnya mendapatkan pekerjaan tak seperti yan diharapkan. Karena perusahaan tidak semata-mata hanya melihat ijazah yang diperoleh namun juga pengalaman. Disini Anda dituntut untuk tidak hanya sekedar mengejar ilmu akademis saja, namun penerapannya melalui kegiatan di unit mahasiswa, kerja paruh waktu, magang kerja dan sebagainya.

Contact Us

 

Apartemen Citylofts
16th Floor No.29
Jl. KH Mas Mansyur No.121
Jakarta 10220 – Indonesia
Ph: 62-21-2555 8791 ( hunting )
Fax: 62-21-2555 8494
Hotline: 
0851 0662 2122
0851 0241 2122
 
Apartemen Brooklyn Tower B
Soho Lt 7 unit O
Jl. Alam Sutera Tangerang 
Ph: 021-30052572
HP: 0812 3201 2145
 
Jl. Pasirkaliki 165, Bandung
HP: 081 2237 5522

 

Info Penting

3 Negara Favorit Pendidikan Luar Negeri

343
Pendidikan Luar Negeri Kami selaku konsultan dalam menangani siswa ke luar negeri masih…

Pertanyaan Umum memilih Pendidikan Luar Negeri

351
Pendidikan Luar Negeri com menguraikan beberapa hal yang sering ditanyakan oleh orang tua…

Pendidikan Luar Negeri - Peringkat 15 Universitas di Luar Negeri

344
Pendidikan Luar Negeri com juga memantau peringkat universitas di Luar Negeri terutama…

Wawancara dasar mengambil Pendidikan Luar Negeri

379
Apa yang menjadi perhatian Agen dalam memberikan konsultasi kepada calon siswa Pendidikan…